Blogs

Inilah Daftar Alat Survey Batimetri

Daftar isi

Survey batimetri merupakan kegiatan pemetaan air, pengumpulan data dan kondisi perairan. Data ini kemudian diolah, dievaluasi dan disajikan dalam bentuk buku, peta laut serta informasi mengenai kelautan lainnya. Produk ini kemudian digunakan untuk kepentingan pembangunan dan sebagainya. Ruang lingkup survey hidrografi tentu berada di perairan, sungai, waduk, pantai, laut, baik permukaan ataupun dasar lautan. Dibutuhkan alat survey batimetri untuk melakukan kegiatan ini. 

Tujuan dari survey jasa geolistrik ini adalah untuk mendapatkan data-data dari suatu kedalaman atau topografi dasar laut termasuk lokasi dan luasan obyek-obyek yang ada di dalamnya. Survey batimetri menggunakan metode akustik biasanya menggunakan alat echosunder. Akuisisi data menggunakan Garmin 585. 

Alat Survey Batimetri Air 

  1. Multibeam Sonars 

Multibeam echo sounder (MBES) seperti sistem sonar yang lainnya, mengirimkan energi suara dan menganalisis sinyal balik (echo) yang telah memantul dari dasar lautan atau obyek lain. Sonar multibeam memancarkan gelombang suara langsung di bawah lambung kapal untuk menghasilkan cakupan dasar laut berbentuk kipas. 

Sistem ini mengukur serta merekam waktu sinyal akustik untuk bergerak dari pemancar ke dasar laut dan kembali ke penerima. Sonar multibem menghasilkan petak suara untuk memastikan cakupan penuh suatu area. Cakupan area di dasar laut tergantung pada kedalaman air, biasanya dua sampai empat kali kedalaman air. 

Banyak sistem MBES yang bisa merekam data hamburan balik. Backscatter multibeam adalah data intensitas yang bisa diolah untuk menghasilkan citra beresolusi rendah. Backscatter didaftarkan bersama dengan data batimetri dan sering digunakan untuk membantu interpretasi data batimetri serta pasca pemrosesan. 

  1. Side Scan Sonar 
Baca Juga ini:  MASW Untuk Kestabilan Tanah

Side scan sonar merupakan sistem sonar khusus untuk mencari dan mendeteksi obyek yang ada di dasar laut. Seperti sonar lainnya, pemindaian samping mentransmisikan energi suara dan menganalisis sinyal balik (gema) yang memantul dari dasar laut atau obyek lainnya. Side scan sonar biasanya terdiri dari tiga komponen dasar yaitu towfish, kabel transmisi dan unit pemrosesan topside. Dalam side scanning, energi yang ditransmisikan dibentuk menjadi kipas yang menyapu dasar laut langsung dari bawah towfish ke kedua sisi biasanya hingga jarak 100 m. 

Kekuatan gema kembali terus direkam menciptakan “image” dari dasar laut misalnya obyek atau fitur yang menonjol dari dasar laut menciptakan pengembalian yang kuat dan bayangan dari obyek ini menciptakan sedikit atau tanpa sinyal balik. Meskipun bentuk dasar laut dan obyek di atasnya bisa digambarkan dengan baik sebagian besar sistem side scan tidak bisa memberikan informasi kedalaman apapun. 

  1. Lidar 

Teknologi lidar (deteksi dan jangkauan cahaya) mengukur ketinggian atau kedalaman dengan menganalisis pantulan pulsa sinar laser dari suatu obyek. Sistem survei lidar dari jasa survey geofisika biasanya dipasang di pesawat dan memberikan cakupan serta berdekatan antara darat dengan laut. Lidar batimetri digunakan untuk menentukan kedalaman air dengan mengukur waktu tunda antara transmisi pula dan sinyal baliknya. 

Sistem menggunakan pulsa laser yang diterima pada dua frekuensi: pulsa inframerah frekuensi rendah dipantulkan dari permukaan laut sedangkan laser hijau frekuensi tinggi menembus kolom air dan dipantulkan dari bawah. Analisis dari dua pulsa yang berbeda ini digunakan untuk menetapkan kedalaman air dan elevasi garis pantai. Dengan kejernihan air yang baik, sistem ini bisa mencapai kedalaman 50 meter. 

Baca Juga ini:  Kenapa Harus Survey WIUP Sebelum Membeli Lahan Tambang?

Lidar batimetri juga digunakan untuk memperoleh data di daerah dengan garis pantai yang kompleks dan kasar dimana kapal permukaan tidak bisa beroperasi denga naman atau efisien karena ada karang, batu-batuan atau rumput laut. 

Fungsi Alat Survey Batimetri Beton 

No Survei Batimetri Penjelasan 
1Pembangunan di pesisir Dengan mengetahui bagaimana topografi bawah air dari suatu daerah pesisir, dapat disimpulkan apakah wilayah itu layak dijadikan sebagai tempat pembangunan untuk pemukiman atau tempat wisata 
2Pertahanan militer Tidak hanya untuk mengetahui kedalaman atau topografi perairan, melainkan untuk karakteristik pasang surut yang bermanfaat untuk rekayasa pantai, navigasi sampai pertahanan militer Indonesia 
  1. Laser Scanner 

Menggunakan teknologi yang sama seperti batimetri lidar, teknologi ini digunakan untuk mengukur dan menemukan fitur seperti batu, pulau kecil dan pulau kecil. Kepala laser menghasilkan enam belas sinar laser yang memantul dari objek target dan diterima kembali oleh kepala laser. Computer kemudian menggunakan data tersebut bersama dengan posisi yang tepat untuk menentukan ketinggian dan lokasi obyek. Tidak seperti unit lidar udara yang mendapatkan batimetri air dangkal, laser kapal tidak bisa menembus air. 

  1. Sound Speed Profilers 

Survey batimetri dengan sonar di lingkungan laut artinya mengukur jalur dan jarak tempuh suara dari titik pancar, ke dasar laut dan kembali lagi ke titik penerima. Pembiasan terjadi ketika kecepatan gelombang berubah karena perubahan medium yang dilalui oleh gelombang. Gelombang yang merambat melalui media dengan kerapatan berbeda menyebabkan pembiasan. Kepadatan air dipengaruhi oleh salinitas, suhu dan kedalaman air. Untuk mengukur densitas air, survey bisa menggunakan berbagai jenis profil kecepatan suara. 

Baca Juga ini:  Cara-Cara untuk Injeksi Beton Bocor

Konduktivitas, suhu, dan kedalaman (CTD) berisi beberapa sensor terintegrasi yang memungkinkan pengguna sampel banyak profil kepadatan dan mentransfernya ke computer. CTD memiliki sensor tekanan untuk mengukur kedalaman dan impeller kecil untuk menyedot air melintasi thermistor pembacaan suhu dan sirkuit pengukur konduktivitas. 

  1. GPS 

Global Positioning System (GPS) adalah dasar untuk hampir semua pengukuran posisi dalam hidrografi. Selain memberikan informasi lokal untuk kapal survei dan peluncuran, penentuan posisi yang akurat dibutuhkan untuk beberapa elemen hidrografi pesisir yang lainnya. Fixed aids to navigation (ATON) kadang ditemukan keluar dari posisi yang dipublikasikan. Lokasi ATON ini harus diukur secara akurat untuk pembuatan grafik. 

Fitur dekat pantai seperti tiang pancang serta dermaga harus digambarkan secara akurat pada peta laut. Sedangkan metode penginderaan jauh seperti fotogrametri udara biasanya menjadi cara yang paling efisien untuk memposisikan barang-barang ini. 

FAQ 

Apa itu survey batimetri? 

-Survey batimetri adalah kegiatan pemetaan air, pengumpulan data dan kondisi perairan. 

Bagaimana langkah-langkah survey batimetri? 

-Pengamatan pasang surut, kedalaman, koreksi barcheck dan sound velocity profiler, pengukuran draft transducer, pengukuran heading kapal. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our Director
Logo Antesena Geosurvey
PT. Antesena Geosurvey Indonesia

PT. Antesena Geosurvey Indonesia merupakan spesialis penyedia solusi dan aplikasi permukaan serta bawah permukaan tanah.

Cari Info Lebih Lengkap!

Follow us on
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter
Fungsi PCMx
Informasi
Apa Fungsi PCMx Untuk Industri

Fungsi PCMx sangat penting sekali bagi industri yang menjadikan pipa sebagai pengangkut berbagai jenis fluida. Sebab pipa sering kali rentan terhadap korosi dan kerusakan akibat lingkungan eksternal, yang kemudian mengancam kinerja dan keamanan sistem. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya industri akan menggunakan alat PCMx untuk melakukan pemantauan. Lalu sebenarnya apa

Baca »
Jasa deteksi kerusakan pipa
Informasi
Jasa Deteksi Kerusakan Pipa Migas Dengan ACVG

Jasa deteksi kerusakan pipa biasanya sangat penting dan selalu dibutuhkan oleh perusahaan migas. Untuk mendeteksi berbagai jenis kerusakan pada pipa seperti, korosi, kebocoran, dan degradasi material. Deteksi dini dan pemeliharaan pipa migas sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja sehingga operasional tetap berjalan lancar. Salah satu metode terbaru dan paling efektif

Baca »
Drone topografi
Sewa alat
Jasa Drone Topografi Menggunakan Drone

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi drone telah merevolusi berbagai industri, seperti konstruksi, pertanian, dan pertambangan untuk proses pemetaan lahan. Tak heran jika banyak jasa drone topografi bermunculan. Lalu sebenarnya apa manfaat jasa ini bagi industri? Dan bagaimana pengaplikasian kerjanya dalam pemetaan dan survey topografi? Jika Anda penasaran maka simak artikel

Baca »
Jasa deteksi utilitas
Informasi
Jasa Deteksi Utilitas dengan Locator Elektromagnetik Radiodetection

Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan infrastruktur, mengetahui lokasi utilitas bawah tanah seperti pipa, kabel listrik, saluran telekomunikasi, dan jaringan air adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, jasa deteksi utilitas dengan Locator Elektromagnetik Radiodetection sangat perlu. Kesalahan dalam penggalian atau pembangunan di dekat utilitas ini dapat menyebabkan kerusakan pada

Baca »
Sewa PCMx
Sewa alat
Harga Sewa PCMx Yang Wajib Kamu Tahu!

Dalam industri, kasusnya yang berhubungan dengan perpipaan seperti industri migas. Peran alat PCMx sangat penting untuk mengetahui kinerja pipa, apakah dalam kondisi baik atau mengalami kerusakan. Dari pada harus membeli alat ini, ada baiknya kamu menyewa saja sebab harga sewa PCMx juga tidak terlalu mahal. Lalu sebenarnya apa itu PCMx

Baca »
cara menggunakan total station
Informasi
Cara Menggunakan Total Station Yang Wajib Kamu Tahu!

Total Station merupakan alat yang sangat penting dalam bidang konstruksi khususnya dalam hal pengukuran. Namun karena alat ini tidak sederhana, masih banyak yang belum tahu cara menggunakan Total Station dengan benar. Jika kamu salah satu orang yang saat ini ingin mengetahui cara menggunakan Total Station. Maka, artikel ini wajib kamu

Baca »