Blogs

Jenis Kabel Listrik Bawah Tanah

Jenis Kabel Listrik Bawah Tanah

Daftar isi

Apa saja jenis kabel listrik bawah tanah? Lho, kabel ada di dalam tanah?

Utilitas bangunan biasanya terdiri dari gas, air, sistem jaringan listrik, dan masih banyak lagi. Nah, agar jaringan utilitas ini tidak mengganggu aktivitas masyarakat, seperti mengganggu jalanan atau lalu lintas, banyak kabel dan pipa yang ditanam dibawah tanah.

Juga, banyak pipa dan kabel yang menjalar di jalanan tidak akan terlihat bagus, bukan? Maka, kebanyakan utilitas ditanam di bawah tanah. Ini juga mempermudah perencanaan tata kota.

Lalu, apa saja jenis kabel listrik bawah tanah?

Jenis-Jenis Kabel Listrik Bawah Tanah

Jadi, kabel bawah tanah dapat diklasifikasikan dari;

  • Banyaknya konduktor dalam kabel
  • Ukuran voltase
  • Struktur kabel
  • Tipe insulasi
  • Tipe instalasi

Jenis Kabel Listrik Bawah Tanah Berdasarkan Konduktor

Jenis-jenis kabel jaringannya;

  • Single-core/satu hantaran → menghantarkan > 66 kV listrik
  • Three-core/tiga hantaran → menghantarkan 66 kV listrik

Nah, kabel tiga hantaran ini biasanya sering digunakan kalau arus listriknya tidak melebihi 66 kV. Tetapi, kalau sudah melebihi 66 kV, kabel tiga hantaran menjadi lebih sulit ditata sehingga digunakanlah kabel satu hantaran.

Berdasarkan Voltase

  • Kabel tegangan rendah → maksimum tegangan tertinggi 1 kV
  • Kabel tegangan tinggi → maksimum tegangan tertinggi 11 kV
  • Kabel tegangan super → maksimum tegangan tertinggi 33 kV
  • Kabel tegangan sangat tinggi → maksimum tegangan tertinggi 66 kV
  • Kabel tegangan super tinggi → maksimum tegangan tertinggi 132 kV
Baca Juga ini:  Pendeteksi Gempa: Perbedaan Seismograf, Seismometer, dan Seismogram

Berdasarkan Struktur

  • Belted cable → kabel yang dikumpulkan menjadi satu dan diikat dengan kertas. Masing-masing kabel diinsulasi dengan kabel yang diberi dielectric. Tegangan listrik tertinggi adalah 11 kV.
  • Screened cable → dibagi menjadi tipe H dan tipe S.L. Keduanya diberi insulasi kertas lalu dilapisi lagi dengan besi. Tegangan tertinggi adalah 66 kV.
  • Pressured cable → dibagi menjadi kabel yang diisi minyak dan gas. Tegangan tertinggi lebih dari 66 kV

Berdasarkan Insulasi

Ada banyak tipe insulasi kabel, seperti karet, kertas, PVC, dan lain sebagainya. Insulasi-insulasi ini memiliki tingkat ketahanan suhu yang berbeda.

Tipe InsulasiSuhu Tertinggi
PVC tipe A75°C
PVC tipe B85°C
PVC tipe C85°C
XLPE90°C
Karet90°C

Berdasarkan Tipe Instalasi

  • Direct-buried → konduktor langsung terkubur di bawah tanah dan tidak terlihat di permukaan
  • Trough → Penggalian lubang di permukaan tanah, lalu dipasang kabel. Masih terlihat di permukaan tanah
  • Tunnel → Penggalian terowongan untuk memasang kabel, terutama jika melewati sungai
  • Insulasi Gas → Kabel yang menghantarkan tegangan listrik yang lebih tinggi

Cara Mendeteksi Berbagai Jenis Kabel Sebelum Memulai Proyek

Nah, banyak bukan jenis kabel bawah tanah? Insulasinya pun berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara mendeteksi berbagai kabel bawah tanah ini? Caranya adalah menggunakan alat profesional seperti Radiodetection cable detector (RD7100, RD7200, RD8100, dan RD8200).

Baca Juga ini:  Mengapa Inspeksi Rutin Pipa Gas dan Pipa Air Itu Penting?

Dengan alat seperti Radiodetection, Anda bisa mendeteksi berbagai jenis kabel ini, juga memetakan letak dan kedalaman mereka, lho. Maka, jika perlu ada perbaikan, lebih gampang juga untuk dilaksanakan.

Kesimpulan

Ada banyak jenis kabel yang dapat dibedakan berdasarkan konduktor, voltase, struktur, insulasi, dan tipe instalasi. Nah, berbagai kabel ini semuanya berada di bawah tanah. Maka, untuk melakukan reparasi, perlu ada penanda dan klasifikasi.

Untuk mendeteksi mereka dengan mudah, Anda bisa menggunakan peralatan profesional seperti cable dan pipe locator Radiodetection. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis kabel dan letaknya dengan akurat dan cepat.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang jenis kabel listrik bawah tanah dan cara mendeteksinya, silakan hubungi kami:

Antesena Geosurvey

Ruko Commpark, Jl. Raya Kota Wisata, Limus Nunggal, Bogor, Jawa Barat 16820

marketing@antesena-geosurvey.com

085693623401

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our Director
Logo Antesena Geosurvey
PT. Antesena Geosurvey Indonesia

PT. Antesena Geosurvey Indonesia merupakan spesialis penyedia solusi dan aplikasi permukaan serta bawah permukaan tanah.

Cari Info Lebih Lengkap!

Follow us on
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter
Fungsi PCMx
Informasi
Apa Fungsi PCMx Untuk Industri

Fungsi PCMx sangat penting sekali bagi industri yang menjadikan pipa sebagai pengangkut berbagai jenis fluida. Sebab pipa sering kali rentan terhadap korosi dan kerusakan akibat lingkungan eksternal, yang kemudian mengancam kinerja dan keamanan sistem. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya industri akan menggunakan alat PCMx untuk melakukan pemantauan. Lalu sebenarnya apa

Baca »
Jasa deteksi kerusakan pipa
Informasi
Jasa Deteksi Kerusakan Pipa Migas Dengan ACVG

Jasa deteksi kerusakan pipa biasanya sangat penting dan selalu dibutuhkan oleh perusahaan migas. Untuk mendeteksi berbagai jenis kerusakan pada pipa seperti, korosi, kebocoran, dan degradasi material. Deteksi dini dan pemeliharaan pipa migas sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja sehingga operasional tetap berjalan lancar. Salah satu metode terbaru dan paling efektif

Baca »
Drone topografi
Sewa alat
Jasa Drone Topografi Menggunakan Drone

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi drone telah merevolusi berbagai industri, seperti konstruksi, pertanian, dan pertambangan untuk proses pemetaan lahan. Tak heran jika banyak jasa drone topografi bermunculan. Lalu sebenarnya apa manfaat jasa ini bagi industri? Dan bagaimana pengaplikasian kerjanya dalam pemetaan dan survey topografi? Jika Anda penasaran maka simak artikel

Baca »
Jasa deteksi utilitas
Informasi
Jasa Deteksi Utilitas dengan Locator Elektromagnetik Radiodetection

Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan infrastruktur, mengetahui lokasi utilitas bawah tanah seperti pipa, kabel listrik, saluran telekomunikasi, dan jaringan air adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, jasa deteksi utilitas dengan Locator Elektromagnetik Radiodetection sangat perlu. Kesalahan dalam penggalian atau pembangunan di dekat utilitas ini dapat menyebabkan kerusakan pada

Baca »
Sewa PCMx
Sewa alat
Harga Sewa PCMx Yang Wajib Kamu Tahu!

Dalam industri, kasusnya yang berhubungan dengan perpipaan seperti industri migas. Peran alat PCMx sangat penting untuk mengetahui kinerja pipa, apakah dalam kondisi baik atau mengalami kerusakan. Dari pada harus membeli alat ini, ada baiknya kamu menyewa saja sebab harga sewa PCMx juga tidak terlalu mahal. Lalu sebenarnya apa itu PCMx

Baca »
cara menggunakan total station
Informasi
Cara Menggunakan Total Station Yang Wajib Kamu Tahu!

Total Station merupakan alat yang sangat penting dalam bidang konstruksi khususnya dalam hal pengukuran. Namun karena alat ini tidak sederhana, masih banyak yang belum tahu cara menggunakan Total Station dengan benar. Jika kamu salah satu orang yang saat ini ingin mengetahui cara menggunakan Total Station. Maka, artikel ini wajib kamu

Baca »