Blogs

Jenis-Jenis Pengujian Sondir & Manfaatnya

pengujian sondir

Daftar isi

pengujian sondir

Ketika anda mendirikan bangunan, baik itu rumah, gedung atau  jenis bangunan yang lainnya maka dibutuhkan pengujian sondir atau tes sondir. Tes sondir ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah yang akan dijadikan lokasi untuk mendirikan bangunan tersebut sehingga ketika bangunan sudah didirikan, maka resiko terjadinya gagal konstruksi atau rusak selama pembangunan bisa ditekan.

Pengerjaan sondir ini dilakukan dengan menggunakan alat yang sudah dilengkapi dengan Adhesion Jacket Cone Type Bagemann dan dikerjakan oleh konsultan geofisika. Fungsinya yaitu untuk mengukur nilai dari perlawanan konus (cone resistance) serta hambatan lokal di lapangan secara langsung. Data hasil uji sondir nantinya digunakan sebagai syarat untuk mengurus IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) karena berhubungan dengan keamanan bangunan ketika sudah selesai dibangun.

Jenis Pengujian Sondir Tanah

Dengan adanya uji sondir boring maka penyedia jasa geolistrik bisa membuat pondasi yang aman karena bisa diketahui karakteristik tanah yang nantinya akan ditempati untuk membuat bangunan. Sondir boring sendiri merupakan suatu uji lapangan yang cukup popular di Indonesia karena memiliki beberapa keunggulan antara lain: 

-Penggunaannya yang sederhana 

-Bisa memberikan gambaran tentang tanah dalam waktu yang cepat 

-Memberikan profil kekuatan tanah terus menerus 

Ada dua jenis tes sondir yang disebut dengan sondir elektrik dan sondir mekanik. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Sondir Mekanik

Jenis uji sondir dilakukan dengan mendorong konus ke dalam tanah dengan luas proyeksi 10 cm2 dan sudut kemiringan 60°. Adapun tekanan yang dibutuhkan untuk mendorong konus dinamakan tekanan konus. Pada sondir dengan jenis bikonus memiliki selubung gesek pada bagian belakang yang luasnya 150 cm2. Adapun tekanan yang dibutuhkan untuk mendorong selubung tersebut dinamakan tekanan friksi. 

Baca Juga ini:  Inilah Daftar Alat Survey Batimetri

Penetrasi sondir ini dilakukan dengan kecepatan 20mm/detik. Pengukuran tekanan friksi serta tekanan konus pada jenis sondir mekanik ini dilakukan per 20 cm. Pada tanah liat lunak serta uji sondir kedalaman besar maka berat tiang tekan dalam akan jauh lebih besar dibandingkan dengan daya dukung tanah. Oleh karena itu, tekanan friksi dan konus wajib dikoreksi dengan berat tiang. Ini harus dilakukan pembersihan secara berkala pada bikonus dan tiang tekan untuk mengurangi gesekan yang dapat membuat hasil pengujian cenderung besar.

  1. Sondir Elektrik

Belakangan ini, sudah tersedia sondir elektrik untuk menganalisis tekanan friksi serta tekanan konus secara terus menerus dengan hasil akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan jenis uji sondir mekanik. 

Koreksi tentang berat tiang sebagaimana dalam sondir mekanik tidak dibutuhkan dalam sondir listrik ini karena sensor yang tepat ada di ujung konus. Jadi, sondir elektrik bisa dibilang cukup sensitive untuk pengujian tanah liat yang lunak dan baik untuk digunakan dalam proyek-proyek reklamasi. 

Pada jenis uji sondir elektrik ini sudah ada sensor yang berfungsi menganalisis tekanan air pori untuk menentukan jenis tanah yaitu: 

Tekanan air pori  yang setara dengan tekanan air hidrostatis mengartikan tanah liat yang lunak sampai dengan sedang 

Tanah liat ataupun pasir padat ditunjukkan oleh tekanan air pori yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan tekanan hidrostatis

Peralatan Standar Pengujian Sondir

NoAlat yang Dibutuhkan
1Mesin sondir dengan kapasitas 2 ton
2Pipa sondir lengkap dengan batang dalam sesuai kebutuhan dengan panjang masing-masing 1 m
3Alat ukur tekanan (manometer) 2 buah dengan masing-masing 0-60 kg/cm2 dan 0-250 kg/cm2
4Bikonis (beugemen priction jacket gone)
54 buah jangkar berbentuk spiral dan alat pemutar
6Kunci-kunci pipa, alat pembersih dan minyak hidrolik

Manfaat Uji Sondir

Berikut ini beberapa manfaat melakukan uji sondir:

  1. Lolos dalam Pembuatan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
Baca Juga ini:  Metode HVSR Untuk Pencegahan Gempa

Jika anda berencana membangun rumah atau bangunan bertingkat, maka anda wajib melakukan tes sondir dan soil investigation karena tes sondir masuk ke dalam syarat wajib pembuatan IMB bagi bangunan bertingkat. Kalau bangunan yang akan dibangun punya jumlah tingkat lebih dari 2 dan kurang dari 10 maka tes sondir harus dilakukan. Sedangkan kalau bangunan punya lebih dari 10 tingkat maka wajib dilakukan tes boring.

  1. Mengetahui Daya Dukung Tanah Serta Kedalaman Lapisan Tanah Keras

Tes sondir dilakukan untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras. Setiap area tanah pada lahan dapat memiliki jenis atau karakteristik tanah yang berbeda. Posisi kedalaman lapisan tanah kerasnya juga bisa berbeda juga sehingga harus dilakukan tes sondir dengan menggunakan alat yang dioperasikan oleh ahli sipil supaya hasilnya lebih akurat.

Dibutuhkan 3 kali tes sondir pada titik berbeda untuk lahan yang luasnya 200 m2 sebagai sampling. Sedangkan untuk lahan seluas lebih dari 200m2 maka dibutuhkan 3x tes sondir atau lebih dan dianjurkan supaya tes dilakukan sejumlah angka ganjil. Tes sondir sebaiknya dilakukan pada titik-titik yang berjauhan agar mendapatkan data kondisi serta daya dukung tanah yang lebih akurat.

  1. Menentukan Jenis Pondasi yang Cocok

Setelah melakukan tes sondir maka akan didapatkan data yang berisi jenis, karakteristik sampai dengan pondasi kedalaman lapisan tanah keras pada lahan. Data tersebut lalu diberikan pada konsultan arsitek handal agar arsitek bisa menghitung serta merancang desain rumah struktur dan konstruksi bangunannya cocok dengan kondisi lahan. Dengan demikian, bangunan pastinya akan lebih aman, kuat dan efektif karena jenis pondasi sampai dengan ukuran strukturnya sesuai fungsi bangunan serta karakter tanah pada lahan.

FAQ

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our Director
Logo Antesena Geosurvey
PT. Antesena Geosurvey Indonesia

PT. Antesena Geosurvey Indonesia merupakan spesialis penyedia solusi dan aplikasi permukaan serta bawah permukaan tanah.

Cari Info Lebih Lengkap!

Follow us on
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter
Fungsi PCMx
Informasi
Apa Fungsi PCMx Untuk Industri

Fungsi PCMx sangat penting sekali bagi industri yang menjadikan pipa sebagai pengangkut berbagai jenis fluida. Sebab pipa sering kali rentan terhadap korosi dan kerusakan akibat lingkungan eksternal, yang kemudian mengancam kinerja dan keamanan sistem. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya industri akan menggunakan alat PCMx untuk melakukan pemantauan. Lalu sebenarnya apa

Baca »
Jasa deteksi kerusakan pipa
Informasi
Jasa Deteksi Kerusakan Pipa Migas Dengan ACVG

Jasa deteksi kerusakan pipa biasanya sangat penting dan selalu dibutuhkan oleh perusahaan migas. Untuk mendeteksi berbagai jenis kerusakan pada pipa seperti, korosi, kebocoran, dan degradasi material. Deteksi dini dan pemeliharaan pipa migas sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja sehingga operasional tetap berjalan lancar. Salah satu metode terbaru dan paling efektif

Baca »
Drone topografi
Sewa alat
Jasa Drone Topografi Menggunakan Drone

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi drone telah merevolusi berbagai industri, seperti konstruksi, pertanian, dan pertambangan untuk proses pemetaan lahan. Tak heran jika banyak jasa drone topografi bermunculan. Lalu sebenarnya apa manfaat jasa ini bagi industri? Dan bagaimana pengaplikasian kerjanya dalam pemetaan dan survey topografi? Jika Anda penasaran maka simak artikel

Baca »
Jasa deteksi utilitas
Informasi
Jasa Deteksi Utilitas dengan Locator Elektromagnetik Radiodetection

Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan infrastruktur, mengetahui lokasi utilitas bawah tanah seperti pipa, kabel listrik, saluran telekomunikasi, dan jaringan air adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, jasa deteksi utilitas dengan Locator Elektromagnetik Radiodetection sangat perlu. Kesalahan dalam penggalian atau pembangunan di dekat utilitas ini dapat menyebabkan kerusakan pada

Baca »
Sewa PCMx
Sewa alat
Harga Sewa PCMx Yang Wajib Kamu Tahu!

Dalam industri, kasusnya yang berhubungan dengan perpipaan seperti industri migas. Peran alat PCMx sangat penting untuk mengetahui kinerja pipa, apakah dalam kondisi baik atau mengalami kerusakan. Dari pada harus membeli alat ini, ada baiknya kamu menyewa saja sebab harga sewa PCMx juga tidak terlalu mahal. Lalu sebenarnya apa itu PCMx

Baca »
cara menggunakan total station
Informasi
Cara Menggunakan Total Station Yang Wajib Kamu Tahu!

Total Station merupakan alat yang sangat penting dalam bidang konstruksi khususnya dalam hal pengukuran. Namun karena alat ini tidak sederhana, masih banyak yang belum tahu cara menggunakan Total Station dengan benar. Jika kamu salah satu orang yang saat ini ingin mengetahui cara menggunakan Total Station. Maka, artikel ini wajib kamu

Baca »