Blogs

Pendeteksi Gempa: Perbedaan Seismograf, Seismometer, dan Seismogram

Pendeteksi Gempa: Perbedaan Seismograf, Seismometer, dan Seismogram

Daftar isi

Alat Apa Saja yang Bisa Mendeteksi Gempa?

Alat apa saja yang bisa mendeteksi gempa? Yang paling umum digunakan adalah seismograf atau dikenal juga dengan seismometer.

Apa itu seismograf?

Seismograf adalah alat untuk mengukur pergerakan tanah saat terjadinya gempa. Seismograf sendiri ditaruh di titik-titik tertentu dan tersebar di suatu area, membentuk sebuah jaringan seismografik.

Lalu, apa perbedaan antara seismograf, seismometer, dan seismogram?

Pengertian Seismometer

Seismometer adalah alat yang berguna untuk mencatat pergerakan tanah yang diukur oleh seismograf. 

Nah, seismometer ini dilengkapi dengan pendulum dan tinta untuk mengukur voltase listrik yang dihasilkan karena pergerakan dasar tanah dan massa yang tetap.

Maka, banyak yang menyamakan seismograf dan seismometer. Untuk lebih jelasnya, ini adalah gambar seismograf/seismometer;

Seismograf/seismometer.

Pengertian Seismogram

Seismogram adalah grafik yang dihasilkan oleh seismometer. Jika dilihat dari gambar diatas, seismogram adalah garis-garis hitam yang tercatat pada kertas.

Sumbu x (horizontal) pada seismogram menggambarkan waktu dan sumbu y (vertikal) menggambarkan pemindahan tanah yang satuannya milimeter. 

Jadi, seismogram bukanlah alat yang mendeteksi gempa, tetapi hasil dari catatan voltase yang ditangkap oleh seismograf.

Seismogram sendiri memiliki dua versi, yaitu seismogram seperti gambar diatas dan seismogram digital.

Cara Kerja Seismograf, Seismometer, dan Seismogram

Karena ketiganya berhubungan dan membantu satu sama lain, cara kerja mereka pun berhubungan dengan satu sama lain.

Baca Juga ini:  Aplikasi Georadar Sebelum Coring Beton

Pertama, seismograf akan ditaruh di titik-titik tertentu di sebuah area, terutama area yang rawan gempa.

Lalu, jika terjadi guncangan, seismograf akan ikut berguncang juga, kecuali massa dari pegas yang akan tetap berada dalam posisi yang sama. 

Nah, pergerakan pada dasar dan massa pegas yang tetap mengeluarkan aliran listrik yang diukur voltasenya oleh seismometer.

Lalu, seismometer, yang dilengkapi pegas, pendulum, dan tinta akan mencatat voltase tersebut menjadi sebuah grafik. Grafik tersebut adalah seismogram yang dapat diamati.

Terkadang, seismograf juga dilengkapi dengan akselerometer. Karena kecepatan pergerakan tanah tidak secepat kecepatan gelombang seismik, perlu ada akselerometer untuk menangkap seberapa cepat gelombang seismik bergerak.

Industri Apa Saja yang Menggunakan Seismograf?

Tentu saja seismograf digunakan oleh para peneliti dan geolog untuk mengamati kerawanan gempa dan seberapa besar gempa di sebuah area. 

Mereka memerlukan seismograf untuk memberitahu mereka jika terjadi perubahan yang tidak biasa pada keadaan tanah di area tertentu. Dengan begitu, mereka bisa memberikan peringatan untuk penduduk sekitar dan memulai evakuasi.

Terlebih lagi, dengan teknologi digital, mereka bisa memberikan peringatan langsung ke ponsel masing-masing penduduk untuk menghimbau evakuasi.

Tetapi, bukan hanya peneliti dan geolog saja, lho, yang memanfaatkan seismograf. Seismograf dan seismometer juga digunakan untuk mengekplorasi potensi gas dan minyak alam.

Dengan memancarkan gelombang seismik ke dalam tanah, gelombang pantulannya dapat diamati untuk memastikan ada atau tidaknya sumber gas dan minyak didalam tanah.

Baca Juga ini:  Mengapa Inspeksi Rutin Pipa Gas dan Pipa Air Itu Penting?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai seismograf dan penggunaannya, Anda bisa menghubungi Antesena Geosurvey, perusahaan geosurvey dan penjual resmi seismograf di Indonesia.

Kesimpulan

Seismograf, seismometer, dan seismogram adalah satu rangkaian alat yang digunakan untuk mendeteksi pergerakan tanah dan gempa.

Seismograf ditempatkan pada tanah di area tertentu dan akan mengeluarkan aliran listrik jika terjadi guncangan. Seismometer akan mencatat voltase aliran listrik tersebut dan diagram yang dihasilkan adalah seismogram.

Untuk mengoptimalkan kerja seismograf, akselerometer juga disambungkan pada rangkaian alat tersebut karena akselerometer bisa menangkap kecepatan gelombang seismik.

Alat-alat ini diperlukan oleh para peneliti dan geolog untuk mengamati perubakan keadaan tanah dan memberikan peringatan pada penduduk untuk evakuasi jika terjadi sebuah gempa.

Terlebih lagi, seismograf juga bisa digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya minyak dan gas alami didalam tanah. Maka, seismograf juga bisa membantu aktivitas geosurvey Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our Director
Logo Antesena Geosurvey
PT. Antesena Geosurvey Indonesia

PT. Antesena Geosurvey Indonesia merupakan spesialis penyedia solusi dan aplikasi permukaan serta bawah permukaan tanah.

Cari Info Lebih Lengkap!

Follow us on
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter
Total Station
Sewa alat
Rental Total Station Terlengkap dari Mingguan dan Bulanan 2024

Apakah kamu sedang mencari rental total station yang terlengkap, terpercaya, dan berkualitas? Kali ini, saya akan membahas tentang sewa total station yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan proyek kamu, baik jangka pendek maupun jangka panjang. sewa total station adalah layanan penyewaan alat survey dan pemetaan total station, yang merupakan alat

Baca »
sewa gpr
Sewa alat
Daftar Sewa Georadar GPR (Ground penetrating Radar) 2024

Bagi kamu yang masih bingung mencari sewa gpr yang murah dan berkualitas, kamu bisa mengunjungi Antesena Untuk harga sewa dan Pelanan Terbaik di Kelasnya! Georadar GPR (Ground penetrating Radar) adalah alat yang dapat mendeteksi objek bawah tanah seperti pipa, kabel, gua, atau struktur lainnya. Alat ini mengirimkan gelombang elektromagnetik ke

Baca »
sewa geolistrik
Sewa alat
Sewa geolistrik terlengkap diseluruh Indonesia

Geolistrik adalah metode geofisika yang menggunakan arus listrik untuk mengukur sifat-sifat fisik bawah permukaan tanah. Metode ini biasanya digunakan untuk keperluan eksplorasi air tanah, mineral, batubara, panas bumi, dan lain-lain. Namun, metode ini juga membutuhkan alat yang canggih dan mahal, sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya. Oleh karena itu, banyak

Baca »
sewa gps rtk
Sewa alat
Sewa gps rtk dan static Berkualitas dan Terbaik 2024

GPS RTK dan static adalah alat yang digunakan untuk mengukur posisi dan elevasi suatu titik dengan tingkat akurasi yang tinggi. Alat ini biasanya digunakan untuk keperluan survei, pemetaan, konstruksi, pertanian, dan lain-lain. Namun, alat ini juga memiliki harga yang cukup mahal, sehingga tidak semua orang bisa membelinya. Oleh karena itu,

Baca »
sewa total station
Sewa alat
Sewa total station Berkualitas dan Termurah 2024

Total station adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak, sudut, dan elevasi suatu objek. Total station sangat berguna untuk keperluan survei, pemetaan, konstruksi, pertambangan, dan lain-lain. Namun, total station juga merupakan alat yang mahal dan membutuhkan perawatan yang baik. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa memiliki atau membeli

Baca »
Jual Total station
Informasi
Jual Total Station Harga Termurah di Indonesia 2024

Antesena adalah perusahaan jual Total Station berkualitas dan termurah. Total station adalah alat ukur untuk mengukur jarak, sudut, dan koordinat titik-titik di lapangan. Total station merupakan gabungan dari theodolit dan EDM (Electronic Distance Measurement). Alat ukur ini dapat mengirimkan dan menerima sinyal laser untuk mengukur jarak antara alat ukur dan

Baca »