Blogs

Pendeteksi Gempa: Perbedaan Seismograf, Seismometer, dan Seismogram

Pendeteksi Gempa: Perbedaan Seismograf, Seismometer, dan Seismogram

Daftar isi

Alat Apa Saja yang Bisa Mendeteksi Gempa?

Alat apa saja yang bisa mendeteksi gempa? Yang paling umum digunakan adalah seismograf atau dikenal juga dengan seismometer.

Apa itu seismograf?

Seismograf adalah alat untuk mengukur pergerakan tanah saat terjadinya gempa. Seismograf sendiri ditaruh di titik-titik tertentu dan tersebar di suatu area, membentuk sebuah jaringan seismografik.

Lalu, apa perbedaan antara seismograf, seismometer, dan seismogram?

Pengertian Seismometer

Seismometer adalah alat yang berguna untuk mencatat pergerakan tanah yang diukur oleh seismograf. 

Nah, seismometer ini dilengkapi dengan pendulum dan tinta untuk mengukur voltase listrik yang dihasilkan karena pergerakan dasar tanah dan massa yang tetap.

Maka, banyak yang menyamakan seismograf dan seismometer. Untuk lebih jelasnya, ini adalah gambar seismograf/seismometer;

Seismograf/seismometer.

Pengertian Seismogram

Seismogram adalah grafik yang dihasilkan oleh seismometer. Jika dilihat dari gambar diatas, seismogram adalah garis-garis hitam yang tercatat pada kertas.

Sumbu x (horizontal) pada seismogram menggambarkan waktu dan sumbu y (vertikal) menggambarkan pemindahan tanah yang satuannya milimeter. 

Jadi, seismogram bukanlah alat yang mendeteksi gempa, tetapi hasil dari catatan voltase yang ditangkap oleh seismograf.

Seismogram sendiri memiliki dua versi, yaitu seismogram seperti gambar diatas dan seismogram digital.

Cara Kerja Seismograf, Seismometer, dan Seismogram

Karena ketiganya berhubungan dan membantu satu sama lain, cara kerja mereka pun berhubungan dengan satu sama lain.

Baca Juga ini:  Pendeteksian Utilitas Bawah Tanah dengan Pipe Locator dan Radiodetection

Pertama, seismograf akan ditaruh di titik-titik tertentu di sebuah area, terutama area yang rawan gempa.

Lalu, jika terjadi guncangan, seismograf akan ikut berguncang juga, kecuali massa dari pegas yang akan tetap berada dalam posisi yang sama. 

Nah, pergerakan pada dasar dan massa pegas yang tetap mengeluarkan aliran listrik yang diukur voltasenya oleh seismometer.

Lalu, seismometer, yang dilengkapi pegas, pendulum, dan tinta akan mencatat voltase tersebut menjadi sebuah grafik. Grafik tersebut adalah seismogram yang dapat diamati.

Terkadang, seismograf juga dilengkapi dengan akselerometer. Karena kecepatan pergerakan tanah tidak secepat kecepatan gelombang seismik, perlu ada akselerometer untuk menangkap seberapa cepat gelombang seismik bergerak.

Industri Apa Saja yang Menggunakan Seismograf?

Tentu saja seismograf digunakan oleh para peneliti dan geolog untuk mengamati kerawanan gempa dan seberapa besar gempa di sebuah area. 

Mereka memerlukan seismograf untuk memberitahu mereka jika terjadi perubahan yang tidak biasa pada keadaan tanah di area tertentu. Dengan begitu, mereka bisa memberikan peringatan untuk penduduk sekitar dan memulai evakuasi.

Terlebih lagi, dengan teknologi digital, mereka bisa memberikan peringatan langsung ke ponsel masing-masing penduduk untuk menghimbau evakuasi.

Tetapi, bukan hanya peneliti dan geolog saja, lho, yang memanfaatkan seismograf. Seismograf dan seismometer juga digunakan untuk mengekplorasi potensi gas dan minyak alam.

Dengan memancarkan gelombang seismik ke dalam tanah, gelombang pantulannya dapat diamati untuk memastikan ada atau tidaknya sumber gas dan minyak didalam tanah.

Baca Juga ini:  Ekskavasi: Pengertian, Fungsi, dan Perencanaannya

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai seismograf dan penggunaannya, Anda bisa menghubungi Antesena Geosurvey, perusahaan geosurvey dan penjual resmi seismograf di Indonesia.

Kesimpulan

Seismograf, seismometer, dan seismogram adalah satu rangkaian alat yang digunakan untuk mendeteksi pergerakan tanah dan gempa.

Seismograf ditempatkan pada tanah di area tertentu dan akan mengeluarkan aliran listrik jika terjadi guncangan. Seismometer akan mencatat voltase aliran listrik tersebut dan diagram yang dihasilkan adalah seismogram.

Untuk mengoptimalkan kerja seismograf, akselerometer juga disambungkan pada rangkaian alat tersebut karena akselerometer bisa menangkap kecepatan gelombang seismik.

Alat-alat ini diperlukan oleh para peneliti dan geolog untuk mengamati perubakan keadaan tanah dan memberikan peringatan pada penduduk untuk evakuasi jika terjadi sebuah gempa.

Terlebih lagi, seismograf juga bisa digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya minyak dan gas alami didalam tanah. Maka, seismograf juga bisa membantu aktivitas geosurvey Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our Director
Logo Antesena Geosurvey
PT. Antesena Geosurvey Indonesia

PT. Antesena Geosurvey Indonesia merupakan spesialis penyedia solusi dan aplikasi permukaan serta bawah permukaan tanah.

Cari Info Lebih Lengkap!

Follow us on
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter
Fungsi PCMx
Informasi
Apa Fungsi PCMx Untuk Industri

Fungsi PCMx sangat penting sekali bagi industri yang menjadikan pipa sebagai pengangkut berbagai jenis fluida. Sebab pipa sering kali rentan terhadap korosi dan kerusakan akibat lingkungan eksternal, yang kemudian mengancam kinerja dan keamanan sistem. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya industri akan menggunakan alat PCMx untuk melakukan pemantauan. Lalu sebenarnya apa

Baca »
Jasa deteksi kerusakan pipa
Informasi
Jasa Deteksi Kerusakan Pipa Migas Dengan ACVG

Jasa deteksi kerusakan pipa biasanya sangat penting dan selalu dibutuhkan oleh perusahaan migas. Untuk mendeteksi berbagai jenis kerusakan pada pipa seperti, korosi, kebocoran, dan degradasi material. Deteksi dini dan pemeliharaan pipa migas sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja sehingga operasional tetap berjalan lancar. Salah satu metode terbaru dan paling efektif

Baca »
Drone topografi
Sewa alat
Jasa Drone Topografi Menggunakan Drone

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi drone telah merevolusi berbagai industri, seperti konstruksi, pertanian, dan pertambangan untuk proses pemetaan lahan. Tak heran jika banyak jasa drone topografi bermunculan. Lalu sebenarnya apa manfaat jasa ini bagi industri? Dan bagaimana pengaplikasian kerjanya dalam pemetaan dan survey topografi? Jika Anda penasaran maka simak artikel

Baca »
Jasa deteksi utilitas
Informasi
Jasa Deteksi Utilitas dengan Locator Elektromagnetik Radiodetection

Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan infrastruktur, mengetahui lokasi utilitas bawah tanah seperti pipa, kabel listrik, saluran telekomunikasi, dan jaringan air adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, jasa deteksi utilitas dengan Locator Elektromagnetik Radiodetection sangat perlu. Kesalahan dalam penggalian atau pembangunan di dekat utilitas ini dapat menyebabkan kerusakan pada

Baca »
Sewa PCMx
Sewa alat
Harga Sewa PCMx Yang Wajib Kamu Tahu!

Dalam industri, kasusnya yang berhubungan dengan perpipaan seperti industri migas. Peran alat PCMx sangat penting untuk mengetahui kinerja pipa, apakah dalam kondisi baik atau mengalami kerusakan. Dari pada harus membeli alat ini, ada baiknya kamu menyewa saja sebab harga sewa PCMx juga tidak terlalu mahal. Lalu sebenarnya apa itu PCMx

Baca »
cara menggunakan total station
Informasi
Cara Menggunakan Total Station Yang Wajib Kamu Tahu!

Total Station merupakan alat yang sangat penting dalam bidang konstruksi khususnya dalam hal pengukuran. Namun karena alat ini tidak sederhana, masih banyak yang belum tahu cara menggunakan Total Station dengan benar. Jika kamu salah satu orang yang saat ini ingin mengetahui cara menggunakan Total Station. Maka, artikel ini wajib kamu

Baca »