Soil Investigation

soil investigation

Soil investigation merupakan prosedur yang menentukan stratigrafi (studi batuan) dan sifat fisik yang relevan dari tanah lahan/lapangan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa bagian bawah tanah yang diinvestigasi akhirnya bisa digunakan untuk menahan bangunan konstruksi dengan aman. Soil investigation (penyelidikan tanah) dilakukan pada bagian atas dan bawah permukaan untuk mendapatkan seluruh informasi atau data dasar yang akan mempengaruhi desain/konstruksi proyek. Jasa survey gefisika juga diperlukan untuk mengumpulkan data atau informasi.

Penyelidikan tanah ini biasanya dilakukan pada awal proyek. Sayangnya, banyak orang yang meremehkan pentingnya pekerjaan ini. Harus diketahui bahwa salah satu penyebab terbesar kegagalan sebuah pondasi yaitu kurangnya pengetahuan atau informasi mengenai kondisi tanah. Pekerjaan ini dilakukan setelah ada hasil studi seperti geological map, kondisi cuaca, kondisi air tanah, kondisi bangunan konstruksi yang ada lebih dulu dan photo udara.

KONSULTASIKAN PROYEK PEMBANGUNAN ANDA DENGAN AHLINYA

Laporan Soil Investigation

Metode untuk soil investigation yang biasanya dilakukan antara lain:

  • Inspection

Pada beberapa tempat, anda tidak perlu menyelidiki semuanya. Anda akan bisa mendapatkan cukup data untuk merancang fondasi bangunan hanya dengan memeriksa plot. Metode ini termasuk mengetahui kondisi geologi dari plot, mendapatkan data tentang bangunan yang ada di sebelahnya, jenis pondasi dan kedalaman dan sebagainya.

  • Test Pits/Lubang Tes

Ini dilakukan untuk mengumpulkan sampel tanah untuk analisis rinci. Dalam metode ini, beberapa lubang yang digali dengan tangan atau excavator dengan kedalaman lubang 1,5 m (5 kaki) sehingga seseorang bisa melihat secara langsung. Beberapa sampel dikumpulkan baik disturbed soil maupun undisturbed soil.

  • Probing

Dalam metode ini, digunakan batang bata dengan diameter 25 mm atau 40 mm yang didorong ke dalam tanah hingga strata tanah yang padat berhasil ditemukan. Baja biasanya didorong dengan menggunakan palu. Penetrasi dan penarikan batang baja bisa diamati dengan seksama untuk mengetahui bagaimana sifat dari lapisan tanah.

  • Boring

Metode ini dilakukan dengan membuat beberapa lubang pengeboran pada beberapa titik. Tujuannya yaitu mengumpulkan sampel tanah dari bawah tanah. Sampel tanah kemudian dikumpulkan untuk dianalisis.

Soil Investigation Report​

Dalam melakukan penyelidikan tanah, ada beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain:

  1. Melakukan perencanaan yang detail untuk pelaksanaan
  2. Mengumpulkan sampel tanah dari plot
  3. Menentukan karakteristik tanah dengan melakukan uji lapangan
  4. Melakukan studi terhadap kondisi level air tanah
  5. Mengumpulkan sampel air tanah untuk digunakan analisis kimia
  6. Eksplorasi tanah
  7. Menguji seluruh sampel yang terkumpul pada suatu laboratorium
  8. Melakukan analisis terhadap hasil tes
  9. Menyiapkan soil investigation report

PT Antesena Geosurvey adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang survey bawah permukaan termasuk juga untuk layanan ground penetrating radar. Kami membantu anda melakukan manajemen resiko bawah permukaan. Penyelidikan tanah merupakan salah satu layanan yang kami berikan untuk klien-klien kami. Tenaga ahli yang terlibat dalam berbagai pelayanan kami sangat berkompeten dan berpengalaman. Jika anda ingin melakukan penyelidikan tanah, anda bisa menghubungi kami.