Ground Penetrating Radar

ground penetrating radar

Ground Penetrating Radar (GPR) atau georadar merupakan metode geofisika yang memanfaatkan gelombang radar untuk menggambarkan obyek yang ada di bawah permukaan tanah. Metode pengujian dengan georadar ini menggunakan alat yang terdiri dari unit kontrol, antena pengirim serta antena penerima. GPR bisa membantu seseorang yang sedang merencanakan konstruksi dengan memberikan informasi obyek bawah permukaan sehingga bisa meminimalisir resiko pekerjaan yang berhubungan dengan benda-benda di bawah permukaan tanah begitupula dengan adanya soil investigation.

Ground Penetrating Radar Rental

Penggunaan GPR bisa membantu memetakan serta mengetahui kedalaman utilitas yang ada di bawah tanah. Utilitas tersebut antara lain berupa pipa, kabel listrik, kabel FO (fiber optik) dan yang lainnya. Utilitas yang ada di dalam tanah ditunjukkan dalam bentuk refleksi hiperbolik.

KONSULTASIKAN PROYEK PEMBANGUNAN ANDA DENGAN AHLINYA

Fungsi GPR​

  • Audit Struktur (Structural Assessment)

Survey lapisan bawah tanah dengan menggunakan metode geoelektrik berdasarkan pengukuran kelistrikan batu. Metode geolistrik ini sangat baik digunakan untuk mencari mineral seperti bauksit, nikel, pasir, mangan, biji besi, pasir serta untuk pencarian air bawah tanah.

  • Arkeologi/Bangunan Tua

Geomagnetik adalah survey yang dilakukan untuk mengetahui lapisan bawabh permukaan bumio dengan menggunakan metode magnetik. Dasarnya yaitu dengan mengukur kemagnetan batuan. Geomagnetik sangat cocok digunakan untuk mencari mineral yang mengandung besi (Fe) atau base metal seperti mangan dan bijih besi.

  • Review Kondisi dan Pencemaran Lingkungan

Survey geofisika yang menggunakan gelombang radar untuk mengetahui adanya obyek atau benda yang terkubur di bawah permukaan. Survei ini sangat cocok digunakan untuk mendeteksi pipa, kabel, konstruksi, atau obyek lainnya yang terkubur. Kedalaman yang bisa dicapai dengan menggunakan metode ini yaitu 7 meter di bawah permukaan tanah.

  • Geoteknik

Airborne survey adalah survey geofisika dimana pengambilan datanya menggunakan pesawat terbang atau helikopter. Survei ini sangat cocok dilakukan di daerah yang luas dan bersifat regional. Data yang diambil dalam survei ini antara lain data magnetik dan radiometrik. Survei jenis ini biasanya dilakukan untuk melihat potensi mineral seperti biji besi, bauksit, nikel, emas serta mineral yang lainnya. Survei ini juga bisa dilakukan untuk mencari komoditas yang lainnya seperti minyak, gas bumi atau batu bara.

  • Kebutuhan Militer/Kemanusiaan

Metode seismik memberikan rincian yang lengkap tentang pelapisan bawah permukaan dan sifat geomekanis batuan dengan menggunakan gelombang seismik. Secara umum, teknik digunakan untuk menentukan kualitas batuan, geologi situs, dan stratigrafi.

Ground Penetrating Radar Indonesia

PT Antesena Geosurvey Indonesia menyediakan jasa survei GPR atau jasa survey georadar untuk berbagai kebutuhan. Kami memiliki tenaga ahli yang kompeten dan berpengalaman. Kami juga menggunakan alat-alat dengan teknologi terbaru yang akan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Dapatkan layanan survei georadar dengan harga yang terjangkau bersama dengan kami.