Pentingnya Pondasi

Pondasi adalah bagian dari struktur bangunan yang berfungsi untuk menerima dan menyalurkan beban dari struktur bangunan atas ke tanah penunjang yang terletak di dalam tanah pada kedalaman tertentu.

Banyak pondasi bangunan tidak dirancang dan dibangun dengan baik untuk kondisi tanah pada lokasi yang ada, misalnya tanahnya memiliki daya dukung yang jelek atau tidak memadai untuk mendukung berat struktur.

Apabila dalam proses membangun pondasi tanpa memperhitungkan daya dukung tanah dan beban bangunan akan berakibat fatal dalam segi material maupun korban jiwa yang berjatuhan.

Kegagalan bangunan dapat berupa  bagian dari pondasi bangunan  yang  retak, turun, ataupun miring yang suatu waktu bisa saja menyebabkan robohnya suatu bangunan.

Fungsi Asesmen Pondasi

asesmen pondasi gedung

Pada beberapa kegiatan konstruksi membutuhkan asesmen pondasi gedung antara lain :

  1. Penambahan lantasi pada gedung.
  2. Akan diletakkan suatu obyek baru yang memiliki tonase yang berat.
  3. Terjadinya gejala kegagalan dalam struktur pondasi seperti dinding retak dan pondasi yang miring.

GPR / Georadar mempunyai banyak kegunaan dalam asesmen pondasi yakni untuk mengetahui jenis pondasi dan dapat menentukan ketebalan dan kemenerusan pondasi.

PT. Antesena Geosurvey Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang survey bawah permukaan (subsurface) untuk membantu anda dalam melakukan manajemen resiko bawah permukaan.

Kami dapat membantu anda dalam asesmen pondasi. Alat yang kami gunakan sudah menggunakan teknologi dual bandwith frequency, yang dapat menggambarkan resolusi hasil yang powerful pada kedalaman yang dangkal maupun yang dalam sekalipun. Selain itu, kami juga dapat menampilkan profil tanah dan kedalaman air tanah yang mempengaruhi dalam perhitungan kekuatan pondasi.

Berikut salah satu kasus pondasi yang pernah kami tangani :

data asesmen pondasi gedung

Bagaimana interpretasi anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *