Geolistrik

geolistrik

Kebutuhan akan air tanah terus meningkat sedangkan sumber air tanah masih terbatas. Padahal, potensi adanya air tanah kemungkinan masih besar namun belum dieksplorasi. Untuk itulah, geolistrik sangat dibutuhkan. Air merupakan kebutuhan utama penunjang kehidupan. Geolistrik memungkinkan eksplorasi air tanah dengan teknik yang efisien dan tepat.

Geolistrik merupakan salah satu metode eksplorasi geofisika selain dari survey georadar untuk mengetahui kondisi bawah permukaan tanah dengan menggunakan perbedaan sifat listrik (resistivitas) bebatuan. Survey dilakukan dengan menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah kemudian respon beda potensial antara dua titik elektroda pun dihitung.

Survey dilakukan dengan berbagai konfigurasi titik injeksi serta pengukuran. Data yang didapatkan dari pengukuran survey kemudian diproses serta diinterpretasi untuk mengetahui bagaimana kondisi bawah permukaan.

KONSULTASIKAN PROYEK PEMBANGUNAN ANDA DENGAN AHLINYA

Metode Survey

Metode untuk survey geolistrik air tanah yaitu menggunakan konfigurasi schlumberger dengan metode pengukuran Vertical ElectricSounding (VES). Metode ini tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui posisi dan kedalaman air tanah. Selain itu, survey ini juga bisa digunakan untuk mengetahui struktur geologi dan konstruksi. Di bidang lingkungan sendiri, ini bisa digunakan untuk mengetahui keparahan tingkat pencemaran air tanah serta studi lingkungan/amdal. Untuk keperluan pertambangan, survey ini bisa digunakan untuk mengetahui potensi bahan tambang serta mineral.

Geolistrik Air Tanah

Antasena Geosurvey merupakan perusahaan yang berspesialiasasi dalam bidang solusi aplikasi permukaan dan dekat permukaan. Kami memahami bagaimana cara menyelesaikan semua masalah bawah permukaan. Antasena Geosurvey memiliki insinyur berpengalaman dalam menyelesaikan masalah klien sehingga kami bisa membantu pekerjaan anda menjadi lebih efektif dan efisien.