Konfigurasi Schulmberger

konfigurasi schlumberger

Geolistrik adalah salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan yang ada di bawah permukaan tanah. Caranya yaitu dengan menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah. Tujuan utama dari metode ini yaitu mencari resistivitas atau tahanan jenis dari batuan. Resistivitas atau tahanan jenis merupakan parameter yang menunjukkan tingkat hambatannya terhadap arus listrik. Metode geolistrik terdiri dari beberapa konfigurasi salah satunya yaitu konfigurasi Schlumberger.

Pengukuran geolistrik sangat berhubungan dengan geometri susunan elektrode arus dan potensial yang digunakan ketika akuisisi. Geolistrik menggunakan berbagai jenis konfigurasi. Setiap konfigurasi memiliki metode perhitungan tersendiri untuk mengetahui nilai tahanan dan ketebalan dari jenis bebatuan yang ada di bawah permukaan.

KONSULTASIKAN PROYEK PEMBANGUNAN ANDA DENGAN AHLINYA

Konfigurasi Schulmberger Adalah

Konfigurasi schlumberger adalah pengukuran yang dilakukan dengan cara meletakkan titik-titik elektroda dengan jarak yang berbeda antara satu dengan yang lain. Jarak elektroda arus bisa diubah menjadi berbeda dnegan jarak elektroda potensial. Konfigurasi Schlumberger memiliki kelebihan yaitu bisa mendeteksi adanya non-homogenitas lapisan batuan pada permukaan dengan membandingkan nilai resisitivitas semu ketika shifting.

Konfigurasi Schulmberger PDF

Sama seperti konfigurasi lainnya, konfigurasi schulmberger juga memiliki kelemahan yaitu pembacaan elektroda MN kecil ketika AB berada sangat jauh, hampir melewati batas eksentrisitasnya. Konfigurasi ini biasanya digunakan untuk sounding yaitu pengambilan data yang difokuskan secara vertikal. Antesena Geosurvey melayani jasa survey georadar untuk berbagai kebutuhan mulai menemukan sumber air tanah hingga keperluan pertambangan. Kami menggunakan metode survei geolistrik terbaik dengan teknologi paling canggih.