Blogs

Jenis-Jenis Ground Anchors dan Fungsinya

ground anchor adalah

Daftar isi

ground anchor adalah

Ground anchor adalah sistem pendukung dinding penahan tanah yang bekerja memanfaatkan daya lekat dengan tanah dan gaya tarik antar strandnya. Teknik ini sudah berhasil diterapkan di seluruh dunia untuk mengatasi tanggul yang tidak stabil serta untuk memberikan stabilitas pada lereng secara umum. Tujuan utama ground anchor yaitu mencegah gerakan horizontal sambil menstabilkan struktur penahan bersama dengan pencegahan pergerakan tambahan ke dinding penahan atau abutmen jembatan.

Ground anchor bisa membawa beban yang sangat tinggi untuk menahan bagian atas/belakang struktur lereng. Tujuan utama yaitu untuk mencegah gerakan horizontal sekaligus menstabilkan struktur penahan termasuk tiang pancang, tiang pancang beton berlubang serta dinding tubular baja. Selain itu, ground anchor bisa mencegah gerakan tambahan atau menstabilkan dinding penahan atau abutmen jembatan.

Pengertian Ground Anchor Adalah

Ground Anchor merupakan alat ringan yang dirancang untuk memindahkan penahan rumah ke tanah dan biasa digunakan di jasa survey georadar. Alat ini mudah dipasang serta terdiri dari kabel dan batang yang dihubungkan ke pelat bantalan sehingga bisa digunakan untuk menstabilkan lereng yang curam. Semula, ground anchor digunakan di Amerika Serikat untuk mendukung sistem penggalian.

Alat tersebut sering digunakan untuk menyalurkan beban tarik ke tanah. Alat ini dipasang di lubang bor yang berisi nat. Komponen utama alat ini adalah penjangkaran, panjang tegangan serta panjang ikatan.

Jenis-Jenis Ground Anchors

  1. Cement Grout Bonded Anchors

Ini adalah jenis ground anchors dan soil nails yang didesain khusus untuk memudahkan ikatan jangkar dan batu. Jenis ini sangatlah kuat dan sangat diunggulkan karena hasil akhir dan bodi baja.

Baca Juga ini:  Metode Seismik Geofisika Untuk Eksplorasi

Keuntungan

  • Grout bonded anchors bisa digunakan pada hampir semua kondisi bebatuan serta di sebagian besar tanah
  • Beban kerja maksimum dengan satu jangkar batang atau tendon multi untai bisa lebih dari 1000 kips

Kekurangan

  • Pemasang harus menunggu kekuatan tekan yang memadai dari nat untuk dicapai sebelum menekan anchor
  • Zona ikatan harus ditetapkan sehingga pengeboran yang lebih dalam dibutuhkan untuk mengembangkan beban desain dibandingkan dengan jangkar mekanis
  • Pada bebatuan atau tanah yang lemah, harus dilakukan pengujian atau sampel bor harus digunakan untuk menentukan diameter lubang bor dan panjang jangkar
  1. Polyester Resin Anchors

Ini adalah jenis anchors yang dirancang untuk jangkar antara batang jangkar dan bebatuan. Polyester resin anchors dirancang oleh para ahli yang menggunakan jenis alat dan bahan terbaik. Jenis ini menjadi solusi yang cepat dan ekonomis dalam industri konstruksi.

Resin digunakan oleh konsultan geofisika untuk mengembangkan jangkar antara batang jangkar dengan batu. Jangkar resin bisa menjadi solusi cepat untuk menyangga batuan sementara.

Keunggulan

  • Tahapan prestressing bisa dilakukan dalam waktu beberapa menit setelah pemasangan
  • Baut jangkar berikat resin adalah salah satu sistem jangkar batu sementara yang paling ekonomis
  • Penahan resin berhasil digunakan pada sebagian besar jenis bebatuan

Kekurangan

  • Jangkar resin tidak tahan terhadap korosi. Jenis ini membutuhkan lubang bor yang rapat untuk mencampur kartrid dengan benar sehingga menghasilkan penutup resin yang tipis. Di samping itu, jangkar resin tidak bisa ditempatkan di tengah lubang bor yang memungkinkan baut untuk beristirahat pada bagian bawah atau samping lubang.
  • Resin ditempatkan ke dalam lubang bor dalam jumlah yang telah terukur dan tidak memperhitungkan hilangnya resin ke dalam lapisan dan retakan batuan. Kehilangan resin menciptakan celah yang tak terlindungi di sepanjang jangkar yang bisa mengurangi keamanan.
  • Resin anchors dengan panjang lebih dari 25 kaki sulit dipasang karena waktu gel resin seringkali membutuhkan pemasangan yang cepat.
  • Keberadaan air bisa mengurangi kapasitas penahan jangkar
  • Suhu bisa mempengaruhi waktu penyetelan dan pengawetan resin

Fungsi Ground Anchor Adalah

NoFungsi Ground Anchor
1Bisa digunakan untuk menopang
2Bisa digunakan sebagai retensi tanah
3Beban tinggi bisa didapatkan dalam kondisi tanah yang telatif buruk
4Jangkar berpenggerak bisa digunakan dalam berbagai kondisi tanah
5Digunakan untuk memasang gaya aktif ke dalam struktur
6Jangkar yang digerakkan menciptakan dampak lingkungan yang rendah
  1. Mechanical Rock Anchors
Baca Juga ini:  Kapasitansi dan Fungsinya Untuk Deteksi Utilitas Bawah Tanah

Jenis ini biasanya dirancang untuk cangkang ekspansi serta digunakan untuk mengembangkan faksi antara kunci dan batu. Rakitan kepala mekanis dengan cangkang dan kerucut ekspansi digunakan untuk mengembangkan kunci gesekan antara rakitan batu serta kepala.

Keuntungan

  • Tidak ada zona ikatan sehingga jadi lebih sedikit pengeboran yang dibutuhkan untuk mengembangkan kerucut geser yang sama seperti sistem jangkar berikat. Selain itu, juga lebih sedikit nat yang dibutuhkan karena volume lubang lebih sedikit.
  • Penginstal bisa melakukan prestressing serta memasang jangkar pada hari yang sama
  • Tidak ada retak pada kolom nat karena pemasang melakukan prestressing jangkar sebelum memasang
  • Lubang bor yang sangat besar memberikan cakupan nat yang sangat baik

Kekurangan

  • Mechanical rock anchor sebaiknya hanya digunakan pada batuan yang kuat
  1. Mechanical Soil Anchors

Ini merupakan jangkar tanah yang dirancang untuk menyediakan poros seperti pada pekerjaan dengan banyak aplikasi pada kedalaman tertentu.

Kelebihan

  • Masalah yang berhubungan dengan pengeboran lubang jangkar dihilangkan karena jangkar didoring ke dalam tanah
  • Semua jangkar telah diuji selama pemasangan dan menyediakan jangkar langsung. Kapasitas penahanan ditentukan selama pengujian tarik
  • Waktu dan biaya yang berhubungan dengan pencampuran dan pengeluaran nat dihilangkan

Kekurangan

  • Jangkar dirancang untuk menahan beban tidak lebih dari 50 kip. Daya dukung bisa dibatasi oleh kekuatan bantalan tanah
  • Perlindungan korosi dibatasi
  • Batuan atau penghalang lain di jalur pemasangan dapat menghalangai penyematan

PT Antesena Geosurvey Indonesia Sediakan Jasa Pemasangan Ground Anchor

PT Antesena Geosurvey merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang bawah tanah dan permukaan taha seperti deteksi utilitas, penilaian beton, eksplorasi dan eksploitasi air tanah, survei pemetaan, memetakan fitur geologi, serta pemetaan tanah liat.

Kami sangat memahami cara menyelesaikan permasalahan bawah tanah. Kami memiliki insinyur yang berpengalaman untuk menyelesaikan permasalahan klien kami sehingga bisa membantu pekerjaan anda agar menjadi lebih efektif dan efisien. Antesena juga menyediakan jasa survey batimetri.

FAQ

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our Director
Logo Antesena Geosurvey
PT. Antesena Geosurvey Indonesia

PT. Antesena Geosurvey Indonesia merupakan spesialis penyedia solusi dan aplikasi permukaan serta bawah permukaan tanah.

Cari Info Lebih Lengkap!

Follow us on
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter
cara menggunakan total station
Informasi
Cara Menggunakan Total Station Yang Wajib Kamu Tahu!

Total Station merupakan alat yang sangat penting dalam bidang konstruksi khususnya dalam hal pengukuran. Namun karena alat ini tidak sederhana, masih banyak yang belum tahu cara menggunakan Total Station dengan benar. Jika kamu salah satu orang yang saat ini ingin mengetahui cara menggunakan Total Station. Maka, artikel ini wajib kamu

Baca »
Jual Total Station Termurah
Informasi
Jual Total Station Termurah di Indonesia

Dalam dunia konstruksi, survei dan pemetaan merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan titik lokasi berdirinya sebuah bangunan. Dalam hal ini, maka Anda perlu alat yang bernama Total Station. Total Station sendiri adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengukur jarak, sudut, dan elevasi dengan tingkat presisi yang tinggi. Saat ini

Baca »
sewa geolistrik jakarta
Sewa alat
Sewa Geolistrik Jakarta Dengan Harga Terjangkau

Saat ini banyak sekali tempat sewa Geolistrik Jakarta yang menawarkan harga terjangkau. Namun meskipun demikian, tidak semua tempat menyediakan alat berkualitas. Untuk itu jangan salah pilih tempat saat Anda ingin menyewa alat ini. Untuk itu, dalam artikel ini akan kami bahas mengenai tempat sewa Geolistrik Jakarta dengan harga terjangkau. Selain

Baca »
sewa gps rtk jakarta
Sewa alat
Sewa GPS RTK Jakarta Terbaik dan Terjangkau

Saat ini banyak tempat Sewa GPS RTK Jakarta, namun tidak semua tempat menyediakan alat dan juga pelayanan yang baik. Mengingat sangat pentingnya alat ini, maka dalam memilih tempat sewa GPS RTK juga tidak boleh asal agar nantinya barang yang Anda dapat juga memiliki kualitas terbaik. Untuk itu, dalam artikel ini

Baca »
sewa alat total station jakarta
Sewa alat
Sewa Alat Total Station Jakarta Termurah dan Berkualitas

Dalam bidang konstruksi Total Station sangat berperan penting untuk mengukur luas, tinggi, jarak suatu area yang akan didirikan suatu bangunan agar hasilnya akurat. Namun meskipun demikian tidak semua orang memiliki alat ini sebab harganya cukup mahal, untuk itu jasa sewa alat Total Station Jakarta bisa menjadi solusi. Untuk itu dalam

Baca »
Rental alat total station
Sewa alat
Sewa dan Rental Alat Total Station Termurah dari Bulanan dan Mingguan

Bingung mencari jasa sewa dan Rental Alat Total Station termurah, teraman dan terpercaya? Tenang saja, karena kami akan mengupas tuntas tentang jasa penyewaan total station termurah dari bulanan dan mingguan untuk melengkapi kebutuhan proyek Anda. Peralatan tersebut bisa Anda gunakan dalam waktu dekat atau lama. Semakin lama maka harga sewanya

Baca »