Blogs

ground anchor adalah

Jenis-Jenis Ground Anchors dan Fungsinya

DAFTAR ISI

ground anchor adalah

Ground anchor adalah sistem pendukung dinding penahan tanah yang bekerja memanfaatkan daya lekat dengan tanah dan gaya tarik antar strandnya. Teknik ini sudah berhasil diterapkan di seluruh dunia untuk mengatasi tanggul yang tidak stabil serta untuk memberikan stabilitas pada lereng secara umum. Tujuan utama ground anchor yaitu mencegah gerakan horizontal sambil menstabilkan struktur penahan bersama dengan pencegahan pergerakan tambahan ke dinding penahan atau abutmen jembatan.

Ground anchor bisa membawa beban yang sangat tinggi untuk menahan bagian atas/belakang struktur lereng. Tujuan utama yaitu untuk mencegah gerakan horizontal sekaligus menstabilkan struktur penahan termasuk tiang pancang, tiang pancang beton berlubang serta dinding tubular baja. Selain itu, ground anchor bisa mencegah gerakan tambahan atau menstabilkan dinding penahan atau abutmen jembatan.

Pengertian Ground Anchor Adalah

Ground Anchor merupakan alat ringan yang dirancang untuk memindahkan penahan rumah ke tanah dan biasa digunakan di jasa survey georadar. Alat ini mudah dipasang serta terdiri dari kabel dan batang yang dihubungkan ke pelat bantalan sehingga bisa digunakan untuk menstabilkan lereng yang curam. Semula, ground anchor digunakan di Amerika Serikat untuk mendukung sistem penggalian.

Alat tersebut sering digunakan untuk menyalurkan beban tarik ke tanah. Alat ini dipasang di lubang bor yang berisi nat. Komponen utama alat ini adalah penjangkaran, panjang tegangan serta panjang ikatan.

Jenis-Jenis Ground Anchors

  1. Cement Grout Bonded Anchors

Ini adalah jenis ground anchors dan soil nails yang didesain khusus untuk memudahkan ikatan jangkar dan batu. Jenis ini sangatlah kuat dan sangat diunggulkan karena hasil akhir dan bodi baja.

Keuntungan

  • Grout bonded anchors bisa digunakan pada hampir semua kondisi bebatuan serta di sebagian besar tanah
  • Beban kerja maksimum dengan satu jangkar batang atau tendon multi untai bisa lebih dari 1000 kips

Kekurangan

  • Pemasang harus menunggu kekuatan tekan yang memadai dari nat untuk dicapai sebelum menekan anchor
  • Zona ikatan harus ditetapkan sehingga pengeboran yang lebih dalam dibutuhkan untuk mengembangkan beban desain dibandingkan dengan jangkar mekanis
  • Pada bebatuan atau tanah yang lemah, harus dilakukan pengujian atau sampel bor harus digunakan untuk menentukan diameter lubang bor dan panjang jangkar
  1. Polyester Resin Anchors

Ini adalah jenis anchors yang dirancang untuk jangkar antara batang jangkar dan bebatuan. Polyester resin anchors dirancang oleh para ahli yang menggunakan jenis alat dan bahan terbaik. Jenis ini menjadi solusi yang cepat dan ekonomis dalam industri konstruksi.

Resin digunakan oleh konsultan geofisika untuk mengembangkan jangkar antara batang jangkar dengan batu. Jangkar resin bisa menjadi solusi cepat untuk menyangga batuan sementara.

Keunggulan

  • Tahapan prestressing bisa dilakukan dalam waktu beberapa menit setelah pemasangan
  • Baut jangkar berikat resin adalah salah satu sistem jangkar batu sementara yang paling ekonomis
  • Penahan resin berhasil digunakan pada sebagian besar jenis bebatuan

Kekurangan

  • Jangkar resin tidak tahan terhadap korosi. Jenis ini membutuhkan lubang bor yang rapat untuk mencampur kartrid dengan benar sehingga menghasilkan penutup resin yang tipis. Di samping itu, jangkar resin tidak bisa ditempatkan di tengah lubang bor yang memungkinkan baut untuk beristirahat pada bagian bawah atau samping lubang.
  • Resin ditempatkan ke dalam lubang bor dalam jumlah yang telah terukur dan tidak memperhitungkan hilangnya resin ke dalam lapisan dan retakan batuan. Kehilangan resin menciptakan celah yang tak terlindungi di sepanjang jangkar yang bisa mengurangi keamanan.
  • Resin anchors dengan panjang lebih dari 25 kaki sulit dipasang karena waktu gel resin seringkali membutuhkan pemasangan yang cepat.
  • Keberadaan air bisa mengurangi kapasitas penahan jangkar
  • Suhu bisa mempengaruhi waktu penyetelan dan pengawetan resin

Fungsi Ground Anchor Adalah

NoFungsi Ground Anchor
1Bisa digunakan untuk menopang
2Bisa digunakan sebagai retensi tanah
3Beban tinggi bisa didapatkan dalam kondisi tanah yang telatif buruk
4Jangkar berpenggerak bisa digunakan dalam berbagai kondisi tanah
5Digunakan untuk memasang gaya aktif ke dalam struktur
6Jangkar yang digerakkan menciptakan dampak lingkungan yang rendah
  1. Mechanical Rock Anchors

Jenis ini biasanya dirancang untuk cangkang ekspansi serta digunakan untuk mengembangkan faksi antara kunci dan batu. Rakitan kepala mekanis dengan cangkang dan kerucut ekspansi digunakan untuk mengembangkan kunci gesekan antara rakitan batu serta kepala.

Keuntungan

  • Tidak ada zona ikatan sehingga jadi lebih sedikit pengeboran yang dibutuhkan untuk mengembangkan kerucut geser yang sama seperti sistem jangkar berikat. Selain itu, juga lebih sedikit nat yang dibutuhkan karena volume lubang lebih sedikit.
  • Penginstal bisa melakukan prestressing serta memasang jangkar pada hari yang sama
  • Tidak ada retak pada kolom nat karena pemasang melakukan prestressing jangkar sebelum memasang
  • Lubang bor yang sangat besar memberikan cakupan nat yang sangat baik

Kekurangan

  • Mechanical rock anchor sebaiknya hanya digunakan pada batuan yang kuat
  1. Mechanical Soil Anchors

Ini merupakan jangkar tanah yang dirancang untuk menyediakan poros seperti pada pekerjaan dengan banyak aplikasi pada kedalaman tertentu.

Kelebihan

  • Masalah yang berhubungan dengan pengeboran lubang jangkar dihilangkan karena jangkar didoring ke dalam tanah
  • Semua jangkar telah diuji selama pemasangan dan menyediakan jangkar langsung. Kapasitas penahanan ditentukan selama pengujian tarik
  • Waktu dan biaya yang berhubungan dengan pencampuran dan pengeluaran nat dihilangkan

Kekurangan

  • Jangkar dirancang untuk menahan beban tidak lebih dari 50 kip. Daya dukung bisa dibatasi oleh kekuatan bantalan tanah
  • Perlindungan korosi dibatasi
  • Batuan atau penghalang lain di jalur pemasangan dapat menghalangai penyematan

PT Antesena Geosurvey Indonesia Sediakan Jasa Pemasangan Ground Anchor

PT Antesena Geosurvey merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang bawah tanah dan permukaan taha seperti deteksi utilitas, penilaian beton, eksplorasi dan eksploitasi air tanah, survei pemetaan, memetakan fitur geologi, serta pemetaan tanah liat.

Kami sangat memahami cara menyelesaikan permasalahan bawah tanah. Kami memiliki insinyur yang berpengalaman untuk menyelesaikan permasalahan klien kami sehingga bisa membantu pekerjaan anda agar menjadi lebih efektif dan efisien. Antesena juga menyediakan jasa survey batimetri.

FAQ