Blogs

Inilah Beberapa Peralatan Survey untuk Pemetaan dan Lapangan

peralatan survey

Daftar isi

peralatan survey

Survei bisa diartikan sebagai pengumpulan data yang berhubungan dengan pengukuran permukaan bumi serta diselesaikan lewat peta. Survey juga dapat disebut sebagai kegiatan pengambilan data atau biasa dikenal dengan sebutan pengamatan. Dalam survei dilakukan pengukuran yang membutuhkan peralatan survey dan metode yang berhubungan dengan keberlangsungan survei tersebut.

Jadi survey dari jasa geolistrik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengumpulan data atau proses dan metodenya mulai dari pengukuran bumi sampai dengan penggambaran bentuk bumi. Alat survei adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data, mencari data, mencari bahan galian, mengambil sampel serta memeriksa permukaan bumi hingga penggambaran bentuk bumi.

Peralatan Survey Pemetaan

Topografi berasal dari kata “topos” yang artinya tempat dan “grapho” yang artinya menulis adalah studi tentang bentuk permukaan bumi serta benda langit lainnya seperti planet, satelit dan asteroid. Itu juga termasuk  penggambarannya di peta. Ada dua teknik yang bisa membantu studi topografi ini yaitu survei langsung dan penginderaan jarak jauh (remote sensing). 

Survey topografi dari konsultan geofisika biasanya dilakukan pada bidang datar dengan mengabaikan kelengkungan bentuk bumi (dengan melakukan perhitungan menggunakan rumus) karena kelengkungan bentuk bumi kecil. Sekalipun penginderaan jarak jauh sudah menggunakan teknologi yang sangat maju namun survey secara langsung masih dibutuhkan untuk mendapatkan hasil/informasi yang lebih akurat mengenai keadaan suatu permukaan lahan. 

Peralatan Survey Pemetaan

Dalam melakukan survei pemetaan, dibutuhkan ketelitian yang tinggi serta penggunaan alat ukur yang dibutuhkan karena pekerjaan utama dari survey jenis ini adalah mengukur sudut dan jarak. Alat-alat yang dibutuhkan ada berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda. Berikut ini beberapa alat yang digunakan dalam survei pemetaan:

Baca Juga ini:  Apa Itu Vs30, Kegunaannya, dan Cara Penggunaannya?

Alat Ukur

  1. Meteran

Nama lain dari alat ukur ini adalah pita ukur yang terbuat dari plastic yang lentur, berbentuk pita dengan panjang tertentu serta memiliki garis dan angka. Meteran sendiri fungsinya adalah mengukur panjang serta jarak. Untuk pengukuran satuan biasanya menggunakan satuan internasional (SI) yang berupa meter (m), centimeter (cm) dan milimeter (mm).

  1. Penggaris atau Mistar

Alat ukur yang mungkin kerap dijumpai adalah penggaris dan biasanya menggunakan bahan plastic atau besi aluminium serta memiliki skala paling kecil yaitu 1 milimeter (mm). Alat ukur ini memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,5 mm. Penggaris yang digunakan biasanya memiliki panjang 50 cm – 100 cm tergantung pada kebutuhan. Tetapi untuk kehidupan sehari-hari, penggaris atau mistar yang digunakan menggunakan skala 50 cm karena ukurannya yang kecil serta mudah untuk dibawa.

  1. Rambu Ukur

Rambu ukur juga digunakan untuk mempermudah pengukuran beda tinggi antara garis yang dibidik dengan permukaan tanah. Rambu ukur adalah alat ukur yang terbuat dari bahan kayu atau campuran aluminium dan ada skala angka untuk mempermudah pembacaan. Rambu ukur ini mirip dengan penggaris yang memiliki panjang 3 meter sampai 5 meter dengan satuan cm, ada balok berwarna warna (merah, putih, hitam) yang mana masing-masing balok menyatakan 1 cm untuk setiap 5 balok berbentuk huruf E yang artinya 5 cm jika ada 2 huruf E artinya 1 dm (10 cm).

Manfaat Peralatan Survey Lapangan

NoManfaat Melakukan Survey Lapangan
1Melakukan pengukuran ulang terhadap kondisi lapangan sehingga bisa meminimalisir kesalahan terutama pada dimensi kapling pada gambar eksisting atau pengecekan terhadap gambar site plan
2Menentukan titik ketinggian atau elevasi pada bangunan yang akan direncanakan
3Mempelajari kondisi lapangan seperti lingkungan sekitar, batas batas lahan atau data lain yang menunjang pembuatan desain
4Mempermudah analisa lapangan termasuk interview dengan owner tentang keinginan desain yang akan dibuat

Alat Ukur Sudut

  1. Kompas
Baca Juga ini:  Kapasitansi dan Fungsinya Untuk Deteksi Utilitas Bawah Tanah

Alat ukur yang satu ini mungkin bukan nama benda yang asing di telinga, dalam survey georadar. Memiliki komponen utama yang berupa jarum dan terbuat dari besi sembrani atau magnet. Magnet selalu menunjukkan arah utara dan arah selatan. Kompas yang bagus dilengkapi dengan nivo yaitu cairan untuk menstabilkan jarum serta ada alat pembidik atau visir.

Kompas memiliki fungsi sebagai penunjuk arah mata angin yaitu utara dan selatan (berdasarkan medan magnet utara serta selatan bumi). Dalam melakukan survey pemetaan, manfaat Kompas yaitu menentukan arah dari satu titik ke titik lain yang bisa ditunjukan berdasarkan besarnya sudut azimuth (besarnya suatu sudut yang dimulai dari arah utara atau selatan, bergerak searah dengan jarum jam, membuat sudut siku-siku serta menghitung sudut horizontal.

  1. Theodolite

Alat ukur ini dibuat untuk menentukan tinggi tanah pengukuran sudut yaitu sudut horizontal dan sudut vertical/sudut tegak. Sudut tersebut berfungsi untuk menentukan jarak mendatar dan tegak antara dua titik lapangan. Untuk mengukur sudut-sudut tersebut maka digunakan theodolite sebagai alat ukur tanah, sudut yang dibaca bisa memiliki satuan detik atau sekon. 

Theodolite adalah alat yang paling canggih untuk melakukan pengukuran survei pemetaan. Pada dasarnya, theodolite adalah teleskop yang diposisikan pada suatu dasar yang berbentuk piringan yang bisa berputar mengelilingi sumbu vertical sehingga bisa membaca sudut horizontal. Theodolite terbagi menjadi 3 macam: 

  • Theodolite reiterasi: plat horizontal menjadi satu dengan plat lingkaran nonius dan tabung sumbu pada kiap 
  • Theodolite repetisi: plat lingkaran skala diposisikan sedemikian rupa sehingga plat bisa berputar sendiri pada tabung poros yang merupakan sumbu putar 
Baca Juga ini:  Aplikasi GPR untuk Asesmen Pondasi Gedung

Theodolite elektro optis: cara kerjanya hampir sama dengan theodolite optis, hanya saja menggunakan sistem sensor yang berfungsi sebagai elektro optis model. Hasil perhitungan akan muncul otomatis pada layar dalam bentuk decimal.

  1. Global Positioning System (GPS)

Alat yang berfungsi untuk menentukan koordinat letak yang ada di permukaan bumi dengan menggunakan satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang nantinya akan dikirimkan dalam bentuk gelombang mikro ke bumi. GPS sendiri berfungsi untuk mengetahui titik koordinat, kecepatan, waktu saat sedang survey dan arah. GPS sering digunakan dalam survey geoteknik.

  1. Peta Lokasi dan Peta Topografi

Keberadaan peta ini sangat penting untuk mengetahui lokasi kawasan demi kebutuhan survey ataupun pemetaan. Peta lokasi ini juga bisa digunakan untuk mempermudah proses perencanaan survey seperti peletakan benchmark, foresight, backsight dan transek titik pengukuran. 

Peta topografi adalah peta kontur yang sangat detail dan berguna untuk mengetahui keadaan kawasan, lokasi, rute perjalanan dan jarak. Kegunaan lain adalah bisa memberikan informasi tentang variasi daerah, perbedaan ketinggian maka bumi sampai dengan tingkat tutupan vegetasi.

FAQ

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our Director
Logo Antesena Geosurvey
PT. Antesena Geosurvey Indonesia

PT. Antesena Geosurvey Indonesia merupakan spesialis penyedia solusi dan aplikasi permukaan serta bawah permukaan tanah.

Cari Info Lebih Lengkap!

Follow us on
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter
Total Station
Sewa alat
Rental Total Station Terlengkap dari Mingguan dan Bulanan 2024

Apakah kamu sedang mencari rental total station yang terlengkap, terpercaya, dan berkualitas? Kali ini, saya akan membahas tentang sewa total station yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan proyek kamu, baik jangka pendek maupun jangka panjang. sewa total station adalah layanan penyewaan alat survey dan pemetaan total station, yang merupakan alat

Baca »
sewa gpr
Sewa alat
Daftar Sewa Georadar GPR (Ground penetrating Radar) 2024

Bagi kamu yang masih bingung mencari sewa gpr yang murah dan berkualitas, kamu bisa mengunjungi Antesena Untuk harga sewa dan Pelanan Terbaik di Kelasnya! Georadar GPR (Ground penetrating Radar) adalah alat yang dapat mendeteksi objek bawah tanah seperti pipa, kabel, gua, atau struktur lainnya. Alat ini mengirimkan gelombang elektromagnetik ke

Baca »
sewa geolistrik
Sewa alat
Sewa geolistrik terlengkap diseluruh Indonesia

Geolistrik adalah metode geofisika yang menggunakan arus listrik untuk mengukur sifat-sifat fisik bawah permukaan tanah. Metode ini biasanya digunakan untuk keperluan eksplorasi air tanah, mineral, batubara, panas bumi, dan lain-lain. Namun, metode ini juga membutuhkan alat yang canggih dan mahal, sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya. Oleh karena itu, banyak

Baca »
sewa gps rtk
Sewa alat
Sewa gps rtk dan static Berkualitas dan Terbaik 2024

GPS RTK dan static adalah alat yang digunakan untuk mengukur posisi dan elevasi suatu titik dengan tingkat akurasi yang tinggi. Alat ini biasanya digunakan untuk keperluan survei, pemetaan, konstruksi, pertanian, dan lain-lain. Namun, alat ini juga memiliki harga yang cukup mahal, sehingga tidak semua orang bisa membelinya. Oleh karena itu,

Baca »
sewa total station
Sewa alat
Sewa total station Berkualitas dan Termurah 2024

Total station adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak, sudut, dan elevasi suatu objek. Total station sangat berguna untuk keperluan survei, pemetaan, konstruksi, pertambangan, dan lain-lain. Namun, total station juga merupakan alat yang mahal dan membutuhkan perawatan yang baik. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa memiliki atau membeli

Baca »
Jual Total station
Informasi
Jual Total Station Harga Termurah di Indonesia 2024

Antesena adalah perusahaan jual Total Station berkualitas dan termurah. Total station adalah alat ukur untuk mengukur jarak, sudut, dan koordinat titik-titik di lapangan. Total station merupakan gabungan dari theodolit dan EDM (Electronic Distance Measurement). Alat ukur ini dapat mengirimkan dan menerima sinyal laser untuk mengukur jarak antara alat ukur dan

Baca »